Aktualisasi Etika Pelayanan Publik

ByNotua

Aktualisasi Etika Pelayanan Publik

Maka kita perlu menjaga kepuasan konsumen untuk mempertahankan loyalitas mereka. Cara pengukuran kepuasan ini dengan cara menggunakan jasa pihak ke-3 untuk membeli produk yang kita jual. Nantinya mereka akan memberikan hasil analisa berupa temuan-temuan saat mereka melakukan pembelian. Kemudian kita dapat mengumpulkan hasil dari temuan mereka, kemudian melakukan perbaikan pada produk yang kita jual.

Karena itu Anda wajib membantu goal konsumen untuk memahami value pada produk Anda agar mereka bisa mengerti, membeli dan menjadi pelanggan loyal. Manajemen pemasaran bertujuan untuk menyediakan produk dan layanan yang inovatif kepada pelanggan. Pemasar terus berusaha untuk menggabungkan teknologi dan mekanisme baru dalam produk mereka untuk memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan daripada sebelumnya. Ini meningkatkan kualitas hidup dan membuat hidup konsumen lebih mudah dari sebelumnya. Organisasi-organisasi bisnis membuat produk untuk berbagai tingkat ekonomi.

Dari kasus di atas dapat digunakan pula untuk dijadikan sebagai strategi penjual buku. Proses marketing terlihat mudah, namun kenyataan dilapangan tidak semua orang mampu mencapai ‘goal’ penjualan yang diharapkan. Meskipun prinsinpya sebenarnya sama, tetap saja saat diterapkan tiak selalu berhasil. Berikut 4 poin yang dapat dilakukan sebelum terjun di dunia penjualan buku.

Berikut ini merupakan beberapa teori yang berguna sebagai resep menghindari kebangkrutan dalam mengelola franchise. Pertama, buang jauh-jauh paradigma bahwa memiliki bisnis franchise berarti anda tinggal ongkang-ongkang kaki. Sambil berharap dengan sendirinya gerai franchisee anda mendapatkan keuntungan. Perusahaan franchise yang anda beli juga butuh pengontrolan ekstra dari anda selaku franchisee.

Persoalalan yang mungkin muncul adalah kinerja akan menjadi labil disaat pimpinan diganti dengan individu yang berlainan karakter. Sehingga dipopulerkan pendekatan bottom up, yang dekade sebelumnya nyaris ‘diharamkan’. Customer needs and desires dapat terbentuk karena faktor kebudayaan, pengalaman, pendidikan, demografi hingga geografis. Analogi sederhana, misal orang Indonesia terbiasa makanan utama menggunakan nasi, sedangkan beberapa negara barat terbiasa makan roti. Beberapa bisnis, seperti warung makan dan tagihan taksi tertentu, tidak akan menerima kartu kredit, kartu debit, atau cek.

Namun sebaliknya, mereka mengeluh karena tidak puas akan sesuatu, baik itu dari segi produk maupun pelayanan yang diberikan. Buatlah kedekatan produk Anda dengan pelanggan melalui interaksi media sosial, aplikasi percakapan dan seminar offine maupun online. Apabila pelanggan merasa dekat dengan produk Anda maka mereka akan cenderung menjadi pelanggan loyal, bahkan menjadi free marketer yang mempromosikan produk Anda ke relasi mereka.

Seperti yang telah disebutkan, manajemen pemasaran harus memiliki rancangan atas pelaksanaan dan koordinasi atau kontrol dalam kaitannya dengan fungsi pemasaran. Konsep ini sangat bergantung kepada perancangan yang dilakukan bisnis tersebut termasuk goal kebutuhan pasar, penentuan harga, komunikasi, dan distribusi yang efektif sehingga pasar bisa terinformasikan dengan baik. Metode ini merupakan cara yang sederhana untuk melihat kualitas produk. Caranya dengan mengirimkan tim untuk membeli produk sendiri kemudian memberikan laporan mengenai kekurangan, kelebihan dan apa saja yang harus diperbaiki. Etika absolut selalu menempatkan norma-norma universal sebagai penuntun perilaku dan standar dalam berkeputusan. Norma-norma universal tersebut biasanya bersumber dari ajaran agama, kepercayaan dan filsafat hidup sehingga perlu dipertahankan sebagai pertimbangan logis dalam pembuatan keputusan.

Selain buyer value, faktor penting lain dalam mencapai kesuksesan adalah pembuatan laporan keuangan yang legitimate dan cepat. Gunakan Harmony untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan praktis. Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu para pebisnis mengembangkan usaha mereka.

Setiap orang pasti berkeinginan usaha yang dibangunnya langgeng bahkan malah terus meningkat. Untuk meraihnya, tentu saja dibutuhkan keterampilan mengelola usaha serta keinginan untuk terus berkembang. Keterampilan lahir dari ketekunan atau hasil tempaan berbagai pengalaman. Sebab implementasi teori kadang tidak selalu berbuah seperti yang diwacanakan. Tapi setidaknya, dengan teori, ada tambahan wawasan bagi kita. Paling tidak, ada semacam peringatan ketika kita akan melangkah.

Teori pelanggan adalah raja

Misalnya, untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas, Anda bisa berpartisipasi dalam occasion pameran yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Bukan hanya media sosial, Anda dapat memanfaatkan website, blog pribadi, dan lainnya untuk menampilkan foto produk dengan tampilan yang menarik. Konsep strategi pemasaran ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu. Konsumen berhak untuk memilih dan mendapatkan produk atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.

About the author

Notua administrator