Kreatif ! Di Masa Pandemi, Mahasiswa Umsida Optimalkan Peluang Bisnis By Way Of Media Sosial

ByNotua

Kreatif ! Di Masa Pandemi, Mahasiswa Umsida Optimalkan Peluang Bisnis By Way Of Media Sosial

Sehingga, hal ini membuatnya terus merawat tanaman-tanamannya dan kemudian berkembang hingga akhirnya berjualan. Salah seorang warga Kota Bandung yang kini banyak mendapatkan untung dari berbisnis tanaman hias itu yakni Nisa Nurjanah. Perempuan yang berprofesi sebagai karyawan di salah satu galeri seni di Kota Bandung ini mengaku banyak mendapatkan untung dari usaha tanaman hias. Karena gadget sudah menjadi salah satu jenis kebutuhan di zaman trendy ini, banyak orang yang membutuhkan jasa servis ketika gadget mereka rusak.

Mencoba bisnis dimasa pandemi

Jadi, dengan menyadari dua kemungkinan itu, Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengalami salah satunya. Kuasai dan atasi rasa takut Anda dan menggantinya dengan optimisme. Jika Anda terus membiarkan ketakutan menghantui, Anda tidak akan pernah bisa memulai, atau bahkan sampai pada keberhasilan.

Namun, bagi yang belum berkesempatan untuk bekerja di tempat – tempat tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka usaha jasa desain sendiri. Kamu bisa mulai menawarkan jasamu pada orang – orang terdekat yang membutuhkan. Bagi yang hobi atau pintar desain bisa memanfaatkan skillnya tersebut untuk mendapatkan uang.

Setelah memahami kebutuhan pasar, baru kamu bisa menentukan barang atau produk yang ingin kamu jual. Kamu bisa mencari produk apa yang tengah dicari atau laris di masyarakat dengan menggunakan online platform yang mempermudah kamu mengetahui quantity pencarian produk. Semakin tinggi volume pencarian, maka semakin tinggi juga persaingan kamu di ranah jual beli produk tersebut.

Agar bisnismu bisa sukses, kamu harus bisa beradaptasi dengan situasi saat ini dan meningkatkan kualitas produk lewat sarana digital. [ElasticComputeFarm/Pixabay]Makanan beku juga menjadi alternatif di tengah kondisi yang minim mobilitas ini. Aneka jenis makanan beku mulai dari ayam berbumbu, kebab, nugget, risol, bakso, cireng, galantin, dimsum sangat cocok dan mudah dibuat dalam industri rumahan.

Apalagi banyak warung makanan yang tutup akibat pandemi, sehingga semua beralih pada bisnis yang dijalankan secara on-line. Oleh karenanya, dengan mencoba salah satu ide bisnis makanan bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan pendapatan. Tingginya permintaan untuk suatu produk tertentu memang jadi kesempatan menarik untuk mendapatkan keuntungan lebih. Namun, jangan sampai kesulitan orang lain menjadi ladang cari untung. Misalnya, kamu sudah ada bisnis barang kesehatan seperti masker, sabun cuci tangan, hingga hand sanitizer, maka jangan naikkan harganya sampai pada titik yang tidak masuk akal. Semua tahu harga masker per boks sebelum ada virus corona ini adalah sekitar Rp30 ribu sampai Rp50 ribu per boks.

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa bisnis online merupakan bisnis yang membutuhkan modal sangat sedikit. Bagaimana tidak, karena dilakukan secara on-line, tentu operasional yang dilakukan hanya sedikit. Upaya mengatasi penyebaran Corona juga sudah gencar dilakukan oleh pemerintah, mulai dari menerapkan Physical Distancing dan kini telah ditingkatkan menjadi PSBB . Kebijakan tersebut meningkatkan resiko sektor industri menghadapi gangguan signifikan dari sisi rantai pasok, tenaga kerja, kesinambungan bisnis hingga arus kas usaha mereka. Menurut Mas Bayu, produk yang potensial untuk dijadikan bisnis adalah well being dan safety product, seperti masker pelindung, karena permintaan masyarakat yang sangat tinggi. Orang sekarang jadi jauh lebih higienis, hal inilah yang perlu diidentifikasi para brand proprietor agar bisa memproses produknya lebih bersih untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam membeli produk.

About the author

Notua administrator